Kieyokoe nge-Blogging
URL Submission

Menginstall dan mengkonfigurasi gDesklets Ubuntu version 8.10



Aplikasi gDesklets merupakan tools yang hampir mirip dengan Windows Sidebarnya Vista. Anda bisa menambahkan Jam Analog maupun Digital, menambahkan Kalender, Kapasitas Disk, Ramalan Cuaca, dll. gDesklets sangat mirip dengan Screenlets dan kompatible dengan lingkungan desktop KDE, GNOME, XFCE, dll. Langkah instalasi dan konfigurasinya adalah:….

1. Install gDesklet lewat terminal: sudo apt-get install gdesklets gdesklets-data
2. gDeslets bisa ditemukan di menu Gnome: Application-Accecories-gDesklets
3.Pada jendela utama gDesklets anda bisa menambahkan sesuatu ke desktop dengan mengklik dua kali pilihan. Contohnya jika anda ingin memabahkan jam analog, tinggal klik dua kali pada gambar jam analag dan otomatis akan muncul jam analog di dekstop
4. Anda bisa mengkustumasi setiap desklet dengan klik kanan desklet kemudia pilih “Configure Desklet” dan jika ingin memindahkannya silahkan klik kanan “Move” kesembarang tempat sesuai keinginan anda.
5. Untuk menonaktifkan desklet, anda hanya perlu klik kanan desklet dan pilih “Remove desklet“
6. Biar gDesklet aktif pada setiap login (baca diload pada Startup), maka yang dilakukan adalah menambahkannya di “Session” dengan: System - Preferences - Session kemudian Klik “Add” kemudian pada “Add Startup Program ” Name: gDesklet, Command: /usr/bin/gdesklets/ kemudian OK.
Maka otomatis gDesklet akan muncul ketika anda login. Untuk lebih lanjut silahkan anda Explore sendiri. Have a good fun with Ubuntu……..

BEGUNDELZ MANIAC. Diberdayakan oleh Blogger.